/>

Sejarah

ASAL USUL DAN PERKEMBANGANNYA
Madrasah Aliyah Negeri 1 Kediri, pertumbuhan dan perkembangannya dimulai sejak sekitar tahun 1960.  Pada tahun tersebut telah berdiri dan melaksanakan kegiatan operasional pembelajaran sebuah satuan pendidikan formal milik pemerintah cq. Departemen Agama dengan nama Pendidikan Pegawai Urusan dan Pengadilan Agama Negeri atau lazim disingkat dengan PUPPA Negeri Kediri.  Satuan pendidikan tersebut berdiri di lokasi wakaf tanah milik dari Bapak H. Hasan Syakur desa Kaliboto yang telah mewakafkan tanah miliknya di dusun Becek desa Kalirong untuk kepentingan pendidikan, berikut sejumlah bangunan gedung yang diperlukan untuk kegiatan pembelajaran dan Asrama pelajar pada saat itu.
 
Pendidikan Pegawai Urusan dan Pengadilan Agama Negeri Kediri, tercatat sebagai satuan pendidikan milik pemerintah cq. Departemen Agama yang pertama kali ada di Kabupaten Kediri, dengan status negeri dan semua siswa berikatan dinas.  Letak geografis lokasi satuan pendidikan ini sangat strategis ditinjau dari daya jangkau dan posisi jalur lalu lintas antar kota.  Posisi keberadan satuan pendidikan ini berada di tepi jalan protokol yang menghubungkan kota Nganjuk dan kota Kediri, dan berada di pintu gerbang masuk Kabupaten Kediri dan arah Nganjuk.
 
PUPPA Negeri Kediri menampung dan melayani siswa dari wilayah Indonesia bagian tengah mulai dari siswa setempat, siswa lintas Kabupaten/ Kota sampai siswa lintas propinsi.  Dalam perkembangannya, setelah produk program satuan pendidikan ini mungkin dianggap sudah cukup, maka pada tahun 1978 satuan pendidikan ini ditutup dan dialihkan fungsinya menjadi Madrasah Aliyah Negeri.
 
DASAR  PENDIRIAN MAN 1 KEDIRI  
Berdasarkan Surat KeputusanMenteri Agama RI nomor 17 tahun 1978 tanggal 16 Maret 1978 berdirilah Madrasah Aliyah Negeri Kediri I, kemudian berdasarkan  Surat KMA Nomor: 573 Tahun 2016 TENTANG PERUBAHAN NAMA MADRASAH ALIAYAH NEGERI    Madrasah Aliyah Negeri Kediri I berubah menjadi Madrasah Aliyah Negeri 1 Kediri di Kabupaten Kediri.
Penerimaan siswa baru tahun pelajaran 1979/ 1980 sudah berstatus sebagai siswa Madrasah Aliyah Negeri Kediri I, dan kebanyakan siswa Madrasah Aliyah Negeri Kediri I,  berasal dari daerah setempat dan lintas daerah berdekatan yakni dari daerah Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Kediri dan sebagian kecil terdapat siswa yang berasal dari luar Propinsi Jawa Timur.
Perkembangan Madrasah Aliyah Negeri 1 Kediri mengalami proses pasang surut dalam kurun waktu yang dilaluinya, sesuai dengan dinamika kehidupan suatu satuan pendidikan yang melayani para peminat dan pendukungnya.  Selaras dengan perkembangan situasi dan lingkungan yang ada untuk pemanfaatan wakaf tanah milik sesuai peruntukkannya dan mendapat susana pembelajaran yang kondusif, lokasi kegiatan pembelajaran Madrasah Aliyah Negeri Kediri I dikembangkan di tempat yang masih tersedia dan memungkinkan

Apakah Website Sekolah ini bagus ?
Bagus sekali
Bagus
Kurang Bagus
Tidak Bagus
 
120985 Total Hits Halaman
52328 Total Pengunjung
202 Hits Hari Ini
36 Pengunjung Hari Ini
1 Pengunjung Online

Komunitas Edukasi

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id